Home
Sejarah

Sejarah

Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor berawal dari adanya sebuah Universitas yang di dirikan oleh Bapak Maulana Syeikh TGKH.M.Zainuddin Abdul Majid pada tahun 1977 dengan nama UNIVERSITAS HAMZANWADI . Universitas Hamzanwadi terdiri dari empat Fakultas yaitu:

  1. Fakultas Tarbiyah dengan Program Studi/Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tahun 1977.
  2. Fakultas Syari’ah dengan Program Studi/Jurusan Mu’amalat (M) pada tahun 1988
  3. Fakultas Dakwah dengan Program Studi/Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam(KPI) pada tahun 1978
  4. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan dengan program Studi/Jurusan Psikologi, Bimbingan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, MIPA, IPS, pada tahun 1978

Dalam proses perjalanan Universitas Hamzanwadi mengalami perubahan bentuk dengan tuntutan yang harus di penuhi oleh seluruh Universitas yaitu perlu di dukung dengan Fakultas/Jurusan yang bukan saja berlatar belakang ilmu-ilmu sosial, ilmu keagamaan, tetapi juga fakultas/jurusan eksakta dan sebagainya.

Maka untuk menyesuaikan peraturan perguruan tinggi , maka di lakukan peerubahan bentuk dari Universitas menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS), Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah(STID), dan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi.

Tiga Sekolah Tinggi Islam tersebut bernaung di bawah binaan dan pengawasan Departemen Agama RI Cq. Dirjen Pembinaan Kelembagaan Islam Departemen Agama RI, sedangkan STKIP bernaung di bawah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan(DEPDIKBUD) yang sekarang menjadi DEPDIKNAS.

Kemudian dalam perkembangan Sekolah Tinggi Agama Islam Hamzanwadi Pancor dapat pengakuan status terdaftar dari Departemen Agama RI. Setelah Tiga Sekolah Tinggi tersebut berjalan sejak tahun 1977 sampai tahun 1996, maka Tim Penilaian dari DIPERTAIS Departemen Agama bersama KOPERTAIS Wilayah IV Surabaya melakukan survey dan studi kelayakan terhadap Sekolah Tinggi tersebut untuk di jadikan sebagai Institut Agama Islam Swasta, maka berdasarkan itu pada tanggal 2 juli 1996 dan tanggal 19 november 1996 di nyatakan layak dan memenuhi syarat untuk di jadikan sebuah PTAIS Yaitu Institut Agama Islam Swasta Di Kabupaten Lombok Timur.

Kemudian pada tanggal 17 desember 1996 di keluarkan SK Direktur Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI dengan No.SK : E/216/1996, tanggal 17 desember 1996 yang mengukuhkan secara resmi perubahan ketiga Sekolah Tinggi tersebut menjadi Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor.

Dalam perkembangan selanjutnya IAIH Pancor pada bulan Mei 1998 telah mengikuti UNC yang di selenggarakan oleh KOPERTAIS Wilayah IV Surabaya dan IAIH sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Lombok Timur dan di percaya untuk mengikuti pelaksanaan akreditasi nasional BAN-PT pada tanggal 25 juni 1998, pada tanggal 26 s/d 31 maret 2000 telah di lakukan visitasi/kunjungan Tim BAN-PT DEPDIKNAS untuk melakukan cross chek keberadaan IAIH Pancor dan hasilnya tidak mengecewakan, maka berkat rahmat dan ridho Allah SWT . IAIH Pancor telah di berikan status ter-Akreditasi oleh BAN-PT DEPDIKNAS pusat Jakarta tahun 1999/2000. Dan pada tahun 2006 kembali mengajukan akreditasi yang dulu, maka pada tanggal 04 mei , 29 juni dan 19 agustus 2006 tiga prodi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Mu’ammalat (M), dan Komunikasi Penyiaran Islam(KPI) mendapat akreditas B untuk tempo 5 tahun.