Home
IAI Hamzanwadi Pancor Gelar Seminar Nasional Bertajuk Tangangan Literasi Dasar di Madrasah

IAI Hamzanwadi Pancor Gelar Seminar Nasional Bertajuk Tangangan Literasi Dasar di Madrasah

Lombok Timur – Tim kemitraan INOVASI NTB dengan Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor pada hari Selasa, 12 September 2023 menggelar seminar nasional yang bertajuk “menjawab tantangan pembelajaran literasi dasar di madrasah”.

Seminar yang berlokasi di Gedung Birrul Walidain YPH PPD NWDI Pancor ini dilaksanakan secara hyibrid dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Agama RI yakni Kasbudit Kesiswaan KSKKM Dr. Imam Bukhori, M.Pd dan Widiyaswara Ahli Utama Direktorat Jenderal Pendidikan PUSDIKLAT Dr. Cut N. Ummy Athiyah, Rektor IAI Hamzanwadi Pancor Dr. TGH. M. Zainul Majdi, MA., Manajer program kemitraan INOVASI dengan IAIH Pancor Heri Hadi Saputra, M.Pd, dan juga Pengawas Kemenag Lotim Himmatul Fajri, M.Pd.Dalam penyampaiannya, Kasbudit Kesiswaan KSKKM Dr. Imam Bukhori, M.Pd mengatakan bahwa madrasah perlu memperhatikan regulasi terakit dengan penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) agar lebih terarah dan teratur.

“Panduan dari pemerinrah itu jika sudah digunakan maka kami yakin akan memperoleh sesuai dengan tujuan IKM itu sendiri, bahkan panduan yang dibuat bukan hanya untuk sekolah saja namun untuk madrasah juga,” katanya.

Meskipun IKM ini sama-sama diterapkan di sekolah dan madrasah, namun menurutnya di madrasah akan tetap tercermin perbedaan dari nilai atau budaya dari madrasah itu sendiri. Sehingga IKM akan tetap berjalan dengan nilai-nilai kesilaman dan karakteristik masing-masing madrasah.

Leave a Comment

*

*