Home
Lima Mahasiswa Prodi PBA Torehkan Juara Pada Lomba MTQ Tingkat Kabupaten

Lima Mahasiswa Prodi PBA Torehkan Juara Pada Lomba MTQ Tingkat Kabupaten

Lombok Timur – Mahasiswa/i Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NW Pancor bertabur bintang pada lomba MTQ tingkat Kabupaten yang digelar tahun ini oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur.

Hal itu dikarenakan, lima Mahasiswa/i sekaligus dari Prodi PBA berhasil menyabet juara pada lomba MTQ tingkat kabupaten tersebut.

Adapun kelima Mahasiswa itu ialah Abdul Fatah Jihadi semester VII meraih juara 1 cabang kaligrafi naskah putra, Muhammad Ul Azmi semster VII meraih juara harapan 1 cabang kaligrafi hiasan mushaf putra.

Kemudian, Nonik Susalya semester V mendapatkan juara harapan 2 cabang kaligrafi hiasan mushaf putri, Mely Rahmadhani semester III mendapatkan juara harapan 4 cabang qiraat mujawwad dewasa, dan terakhir Rianto semester III mendapat juara harapan 2 cabang makalah ilmiah Al-Qur’an.

Salah satu Mahasiswa Prodi PBA yang meraih juara, Abdul Fatah Jihadi mengatakan, ajang lomba MTQ dijadikan olehnya sebagai salah satu instrumen untuk mendorong dan memotivasi diri agar tetap bersama-sama dalam menjalankan kebaikan.

“Menempa dan memotivasi diri dalam konteks fastabiqul khairat, dan membumikan Al-Qur’an melalui seni kaligrafi islam,” ucap Jihadi. (22/11/2021)

Dengan begitu, Ia berharap seni kaligrafi islam akan semakin dikenal dan semakin meriah baik di kancah nasional maupun internasional.

“Sehingga event-event kaligrafi tidak hanya disediakan pada pagelaran MTQ,” pungkasnya.

Senada dengan hal itu, Muhammad Ul Azim juga menerangkan, bahwa dirinya tidak menyangka akan mendapatkan juara meskipun masih bertaraf harapan, karena dirinya juga baru pertama kali mengikuti lomba MTQ.

Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus-menerus belajar. Padahal, tujuan awalnya, Ia hanya ingin memeriahkan lomba MTQ tahun 2021 ini.

“Harapannya ke depan semoga MTQ berikutnya dapat ikut dan memeriahkan lagi, tentunya dengan lebih meningkatkan usaha dalam memperindah ayat-ayat suci Al-Qur’an. Melalui seni kaligrafi karena baru kali ini mengikuti MTQ tingkat Kabupaten dapat posisi walaupun masih harapan satu, Alhamdulillah,” tutur Azmi.

Leave a Comment

*

*