Home
Pandampingan Guru Diharapkan Mampu Tingkatkan Literasi Dasar Siswa MI di Lotim

Pandampingan Guru Diharapkan Mampu Tingkatkan Literasi Dasar Siswa MI di Lotim

Lombok Timur – Program literasi Madrasah Unggul Anak Hebat atau disingkat MAULANA merupakan kemitraan dari program INOVASI dengan Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas literasi dasar bagi anak-anak, wabilkhusus peserta didik yang ada di Madrasah Ibtida’iyah (MI).

Diketahui program tersebut sudah berjalan hampir empat bulan semenjak disosialisasikan dulunya pada bulan April 2021. Total terdapat 18 Fasilitator Daerah (Fasda) yang diterjunkan di 40 MI tersebar di wilayah Lombok Timur

Nantinya para guru yang mendapatkan pendampingan dari Fasda itu diharapkan mampu memajukan tonggak literasi dasar, utamanya bagi anak-anak kelas 1,2 dan 3 di MI.

Manager Program MAULANA, Heri Hadi Saputra menjelaskan bahwa program MAULANA ini bukan hanya terfokus pada perbaikan literasi anak-anak saja. Namun setelah literasinya meningkat, maka dampaknya juga akan secara otomatis dirasakan oleh Madrasah.

“Program ini tujuannya untuk meningkatkan literasi dasar anak-anak di MI, dan jika hal itu sudah berhasil maka madrasah juga akan kena imbas yang positif. Setelah anaknya hebat, maka madrasahnya juga akan otomatis unggul,” kata Heri.

Ke depan, Ia berharap supaya Fasda betul-betul mendampingi guru sehingga menimbulkan efek yang berkelanjutan. Karena Ia mengakui, guru juga membutuhkan pendampingan untuk menjalankan program MAULANA ini.

“Semoga program ini berjalan sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita besar kita bersama, karena literasi ini akan berpengaruh kepada generasi di masa yang akan datang,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu Fasda, Dewi Rohiani menyebut, guru saat ini mendapatkan tantangan yang besar karena harus memahamkan peserta didik yang tingkatan literasinya berbeda-beda.

“Namun tentunya hal itu tidak menjadi penghalang jika kita betul-betul menjalankan program MAULANA ini,” tandasnya.

Leave a Comment

*

*