Home
Program Literasi MAULANA Paparkan Hasil Penelitian

Program Literasi MAULANA Paparkan Hasil Penelitian

Lombok Timur – Program literasi Madrasah Unggul Anak Hebat (MAULANA) yang merupakan kemitraan antara program INOVASI dengan Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NW Pancor hari ini, Minggu 22 Agustus 2021 menggelar publikasi hasil penelitian dan hasil temuan program.

Dari hasil temuan yang ada, Manager Program MAULANA, Heri Hadi Saputra mengatakan bahwa kajian dari hasil penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dari temuan persoalan yang dialami oleh Fasilitator Daerah (Fasda) selama melakukan pendampingan.

“Kegiatan kali ini bertujuan untuk menemukan solusi jika ada persoalan yang didapati oleh teman-teman Fasda ketika melakukan pendampingan di lapangan,” ujar Heri, di Coffe Praja Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Lombok Timur.

Adapun dari beberapa persoalan yang disampaikan oleh beberapa Fasda, anak yang mengalami hambatan literasi ternyata mempunyai latarbelakang yang berbeda-beda. Seperti salah satunya ada yang kesulitan karena belum mendapatkan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan si anak.

“Karena kita harus akui, ada beberapa anak-anak yang mengalami kesulitan membaca itu kadang belum mendapatkan sistem atau metode yang pas, karena tingkatan literasi dasar anak-anak di MI itu berbeda-beda. Jadi guru juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik,” pungkasnya.

Maka dari itulah, dari hasil analisa dan temuan ini Heri berharap ada solusi yang berdampak signifikan bagi peningkatan kapsitas literasi anak-anak nantinya, utamanya yang ada di Lombok Timur.

“Mudahan-mudahan apa yang menjadi tujuan kita bersama hari ini, bisa berdampak positif bagi generasi yang mendatang,”

Untuk diketahui, saat ini terdapat 40 Madrasah Ibtida’iyah (MI) sasaran yang menjadi fokus program literasi MAULANA. Adapun 40 MI sasaran itu tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Selong, Masbagik, Sukamulia, Suralaga, dan Labuhan Haji.

Leave a Comment

*

*