Home
IAIH NW Pancor Hadiri Annual Conference for Muslim Scholar

IAIH NW Pancor Hadiri Annual Conference for Muslim Scholar

Muhammad ariadi, salah seorang dosen yang mewakiliki IAIH NW Pancor melalui pesan singkatnya memaparkan tentang kegiatan yang dilakukan tanggal 13 dan 14 Mei 2017

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kopertasi 4 Surabaya tersebut bertajuk 1st Annual Conference for Muslim Scholar (AnCoMS). Sebuah acara konferensi yang diadakan untuk memetakan hasil-hasil penelitian Dosen-Dosen Peneliti di lingkungan Kopertais 4 Surabaya, secara khusus, dan Dosen-Dosen Peneliti di Indonesia secara umum  ini menjadi media penting dalam membicarakan masalah-masalah utama yang dihadapi para peneliti di Indonesia dan di kampus-kampus di wilayah Kopertais 4 Surabaya. Salah satu permasalahan tersebut adalah mengenai penelitian berbasis kajian Islam Multidisipliner. Kajian Islam Multisipliner sendiri bukan hal yang baru di banyak Institusi Pendidikan Tinggi di Eropa, Amerika, dan Australia. Oleh banyak Mahasiswa dan Peneliti keislaman di antara kampus-kampus di tiga wilayah tersebut, Kajian Penelitian Multidisipliner menjadi cara tersendiri dalam memertemukan aspek-aspek teoritis dalam Islam dengan aspek-aspek praktis dalam science dan kehidupan nyata” ucap Ariadi.

Saat ditanya tentang isi kegiatan, Ariadi menjelaskan bahwa dalam penyampaian oleh Prof. Mark R. Woodward dan Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA menerangkan tentang “kajian ini dipandang penting dalam menghadapi berbagai tantantang yang dihadapi dunia keilmuan dan pendidikan tinggi para era kontemporer. Begitupula dengan Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag selaku Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya yang memandang kajian ini menjadi cara meningkatkan kualitas penelitian diantara Dosen-Dosen, khususnya yang ada di wilayah Kopertais 4 Surabaya” terangnya.

Pada sisi lain, menguatkan pendapat-pendapat tersebut, Dr. Moh. Zain, selaku Kasubdit Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat Publikasi Ilmiah Diktis Kemenag RI dan Dr. Anis Masykur selaku Kasi Penelitian Diktis Kemenag RI mengatakan bahwa Dosen-Dosen di lingkungan PTKIS sudah saatnya beranjak dari pendekatan Monodisipliner ke arah Multidisiplner dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Menyambung dengan hal tersebut, keduanya juga mengapresiasi hasil-hasil penelitian yang dipresentasikan oleh-oleh Dosen-Dosen Peneliti di lingkungan Kopertasi 4 Surabaya yang mulai beranjak dari kajian Monodisipliner kepada kajian Multidisipliner. Oleh keduanya, kajian-kajian penelitian yang dipresentasikan Dosen-Dosen Peneliti di Kopertais 4 Surabaya diminta untuk dikorelasikan dan diperkuat dengan masalah-masalah yang lebih kontekstual diantara masyarakat itu sendiri. Mengenai hal ini, Dr Abdul Muhid selaku penggerak Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais 4 Surabaya menyatakan bahwa para Dosen Peneliti di lingkungan Kopertais 4 Surabaya harus terus bergerak dalam melakukan penelitian Islam Multidisipliner. Dalam forum 1st Annual Conference for Muslim Scholar (AnCoMS), Lalu Muhammad Ariadi selaku Dosen Peneliti dari IAI Hamzanwadi NW Pancor dan anggota dari Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais 4 Surabaya mempresentasikan tentang “Naskah Pengobatan dan Pertumbuhan Islam di Indonesia Tengah”.

 

Leave a Comment

*

*