Home
YPH-PPD NW Gelar maulid

YPH-PPD NW Gelar maulid

Sejumlah ratusan orang pelajar se NTB mengikuti acara maulid yang sekaligus dirangkaikan dengan pengijazahan do’a ujian. Pancor 12/12/16

Acara yang dilangsungkan Gelanggang Olahraga (GOR) YPHPPD NW tersebut, juga dihadiri oleh seluruh dosen dan pejabat dari IAIH dan Universitas Hamzan wadi tersebut, juga diikuti oleh kalangan masyarakat.
Kegiatan yang dimulai sejak pukul 8:00 hingga 11:40 tersebut, dihadiri oleh TGB DR Zainul majdi, dalam pidanya bilau menyampaikan tentang akhlak: “Akhlak pada Allah, perbaiki Hati, menginginkan kemaslahatan yang dikasih sebaliknya, tetaplah husnuzzon pada Allah. Apa saja perintah Allah tetap laksanakan, taat patuh sesuai kemampuan. Jangan cari2 alasan jika belum mampu melaksanakan. Berlapang dada
Tidak membalas hujatan dengan hujatan tapi memaafkan mereka, Saling menghormati, meskipun beda agama, karena sesama manusia seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, trhdp Yahudi yang meninggal dunia.
” akhlak kpd tetangga pernah dicontohkan oleh abu hasan basri. Beliu tinggal disebuah apartemen dilantai paling bawah, tiap hari air menetes dr atap apartemen beliu yg itu berasal dr kamar mandi tetangga nasrani di atas apartement dan tiap hr menampungnya pakai ember. Suatu ketika hasan basri sakit dan dijenguk oleh tetangga nasraniya dan melihat air yg jtuh dr atas. Dan tetangganya itupun bertanya. Ya syaik dr kpn air ini menetes dr kmr mandi saya? Hasan basri menjawab tidk trlalu lama cuma 20th. Knp tdk mmberitau sy atas kejadian ini? Abu hasan menjawab, sy hrs menghormati tetangga dn memuliakannya dan itu adalah ajaran nabi sy. Kemudian tetangganya msuk islam”
“Ke Tiga adalah Akhlak Kepada Diri Sendiri Ada dua Dimensi;
1. Adamul Isyraf yaitu tdk berlebihan dalam makan, tazayyun (berhias diri) dll.
2. Adamul Idrar yaitu akhlak dalam menjaga diri dari.kemudharatan. Tidak boleh memakan makanan yang jelas2 akan menimbulkan bahaya pada diri. Termasuk dalam adamul idrar adalah menjaga hati dan fikiran dari hal2 yg bisa merusaknya, seperti berita2 yg tdk benar (hoax) berkeliaran di medsos sperti FB dll.

Leave a Comment

*

*