Home
STKIP Hamzanwadi Selong, Resmi menjadi Universitas

STKIP Hamzanwadi Selong, Resmi menjadi Universitas

PANCOR 06/10/16: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Selong Lombok Timur resmi berubah status menjadi Universitas Hamzanwadi. SK perubahan status tersebut diterima Rektor Universitas Hamzanwadi Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah Djalilah, M. Pd yang diserahkan Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemristekdikti Ir. Ridwan, M.Sc di Pancor, Selasa (04/10/2016).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Hamzanwadi Selong Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah Djalilah, M. Pd menjelaskan tujuan pendirian STKIP Hamzanwadi Selong hingga kesuksesan ikhtiar dalam menggapai status Universitas Hamzanwadi.

“STKIP ini didirikan sebagai bagian dari upaya Pengurus Besar Nahdlatul Wathan untuk meningkatkan kualifikasi dan kualitas pendidikan, serta penyebarluasan da’wah Islamiyah dan misi sosial lainnya,” jelas Sitti Rohmi Djalilah.
Dalam perkembangannya, kata Sitti Rohmi, STKIP Hamzanwadi telah banyak memberikan kontribusi kepada pembangunan sumberdaya manusia NTB khususnya, seperti yang terlihat sekarang ini banyak alumni yang tersebar di sekolah-sekolah negeri maupun swasta.

“Kami menyadari betapa perkembangan ilmu pengetahuan begitu pesat, sehingga kami terus ikhtiar maksimal menyiapkan segala kebutuhan layanan pendidikan yang baik. Hal ini terbukti dengan kami meraih akreditasi institusi B satu-satunya perguruan tinggi swasta di NTB. Seiring dengan itu, program studi yang kami kelola juga terakreditasi B,” rinci Sitti Rohmi.

Ikhtiar perubahan status dari sekolah tinggi menjadi universits ini, lanjut Sitti Rohmi, dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat NTB khususnya dan Indonesia umumnya. Pilihan program studi makin banyak, sehingga masyarakat memiliki pilihan-pilihan lain selain keguruan. Proses ini terjadi dengan terlebih dahulu melakukan analisis kebutuhan.

Selama 38 tahun STKIP Hamzanwadi mengabdi membangun manusia Indonesia, kini telah berubah menjadi Universitas Hamzanwadi, tepatnya sejak tanggal 23 September 2016 sesuai dengan Surat Keputusan Kemristekdikti Nomor: 428/KPT/1/2016, tentang Penggabungan STKIP Hamzanwadi dan STTH menjadi Universitas Hamzanwadi ditambah empat program studi baru, yaitu S1 Farmasi, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Komputer, dan S1 Statistika. STTH walaupun masih berusia muda, namun memiliki fasilitas lengkap dan ketenagaan yang kualified. Saat ini STTH menjadi salah satu fakultas di Universitas Hamzanwadi, yakni Fakultas Teknik.
Rektor Universitas Hamzanwadi Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim alih status dan civitas akademika yang bekerjasama dengan sangat baik. demikian pula kepada Pengurus YPH PPD NW Pancor dan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) yang selalu memberikan support, sehingga semangat kerja yang tak kunjung padam.

“Kepada seluruh masyarakat NTB, mari bergabung di Universitas Hamzanwadi, kami siap memberikan pendidikan terbaik untuk menyongsong generasi emas NTB dan Indonesia, tentunya untuk Indonesia maju dan berkah melalui slogan Bersaing dan Berbudaya Santri,” ucap kakak kandung Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi ini. //ys. memeth

Leave a Comment

*

*