Home
Fakultas Tarbiyah bagun kemitraan dengan MA Mu’allimat NW Pancor

Fakultas Tarbiyah bagun kemitraan dengan MA Mu’allimat NW Pancor

PANCOR: 28 desember 2015, IAIH NW Pancor mengadakan kerjasama dengan fakultas tarbiyah dan MA Mu’allimat NW Pancor, kegiatan tersebut adalah Lesson study. dalam kegiatan tersebut IAIH NW Pancor berharap mampu menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang unggul dapat terwujud, maka diperlukan strategi pengembangannya dengan membangun jaringan-jaringan atau kemitraan. Terlebih IAIH NW Pancor adalah lembaga pendidikan tentu kemitraan menjadi pondasi dasar dalam membangun kelembagaan ini. Oleh sebab itu kegiatan kemitraan tersebut dibentuk dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui suatu kegiatan-kegiatan. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Syamsul Hadi, M.Pd dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Mataram.
Terlebih-lebih pembelajaran kontemporer saat ini diharuskan lebih variatif dalam mengajarkan sesuatu kepada anak didik. Untuk itu melalui program pembelajaran Lesson Study Fakultas Tarbiyah berupaya meningkatkan mutu proses pembelajaran demi tercapainya kualitas pendidikan. Lesson Study adalah suatu kegiatan instruksional yang ditandai dengan adanya proses kolaboratif dari sekelompok guru yang secara bersama-sama merencanakan langkah-langkah pembelajaran termasuk metode, media dan instrumen evaluasinya.
Kegiatan ini berlangsung dengan cara salah seorang guru melakukan praktek pembelajaran yang direncanakan di kelas dan yang lain mengamati proses pembelajaran tersebut, setelah selesai pembelajaran akan dievaluasi bersama dan diperbaiki bila ada yang kurang tepat.
Dalam penyampaiannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Ahmad Hulaimi, menyampaikan “bahwa pelaksanaan Pelaksanaan bimtek tersebut dimaksudkan untuk mengupdite pengetahuan bagi dosen dan guru agar mempunyai pemahaman yang sama terkiat konsep Lesson Study.  Setelah bimtek dilaksanakan, baru dilakukan tahapan-tahapan selanjutnya yaitu Plan, Do, dan See. Timing bimtek dilaksanakan selama 1 hari full pada hari Sabtu Tanggal 21 Nopember 2015 bertempat di ruang Laboratorium Micro Teaching Fakultas Tarbiyah IAIH NW Pancor yang pesertanya terdiri dari dosen dan guru bidang studi MA. Mu’allimat NW Pancor”.

Selanjutnya pada tanggal 28 Desember 2015 tindak lanjut dari bimtek tersebut adalah dilaksanakan Plan dengan cara melakukan perencanaan bersama antara dosen dengan guru dalam rangka mengindentifikasi masalah pengajaran selama ini ditemukan di kelas dan menyusun perangkat pembelajaran secara bersama-sama. Adapaun mata pelajaran yang di lessonkan antara lain : Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SKI dan Bahasa Arab. Adapun pelaksanaan Plan ini ditempatkan di MA. Mu’allimat NW Pancor sekaligus diharapkan para dosen dapat melakukan observasi lapangan untuk mengetahui kondisi riil madrasah tersebut agar dalam proses perencanaan (Plan) unsur-unsur yang diobservasi tersebut dapat menjadi masukan.

Dari pelaksanaan Plan tersebut dihasilkan rumusan perangkat pembelajaran yaitu ; RPP, LKS, pendekatan, strategi pembelajaran yang selanjutnya pada minggu yang akan datang ketika Do dan See sudah matang untuk dilaksanakan.  Dari tahapan-tahapan tersebut ternyata banyak ditemukan manfaat terutama dalam hal bagaimana meningkatkan mutu dan ouput pendidikan, karena dihasilkan melalui kolaboratif dan kooperatif antara dosen dengan guru.
Dalam sambutan pembukaan pelaksanaan Plan. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Kepala Madrasah Aliyah Mu’allimat NW Pancor berharap untuk meningkatkan mutu pendidikan diharapkan menekankan adaya kerjasama antar lembaga dan membentuk kelompok belajar (kolebaoratif learning) karena bagaimanpun mutu pendidikan akan mampu digagas jika hal itu dapat terlaksana dan mengubah pola pikir bahwa pendidikan saat ini dijadikan sebagai lahan kompetitif dengan mengenyampingkan nilai-nilai karakter, akibatnya banyak anak didik pintar tetapi kurang berakhlak. Demikian harapannya. Wallahu ‘alam.//05/01/16.red.ys.memeth

One Comment

Leave a Comment

*

*